Sinjai, Akuratnews. com – Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia melalui Dinas Sosial (Dinsos) disetiap daerah, kembali akan menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat tahun 2021.

Seperti halnya di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sinjai, A. Muh. Idnan yang ditemui Akuratnews. com mengatakan, khusus dalam Sinjai Bansos mulai salurkan kepada masyarakat sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan. Bansos itu sendiri terbagi dalam tiga jenis tumpuan, sebagaimana arahan Kemensos RI.

“Ada tiga kriteria Bansos yang disalurkan, yaitu Bantuan Agenda Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Program Keluarga Harapan (PKH), ” jelas Idnan, Rabu (13/1/21).

Menurut Idnan, bersandarkan penetapan jumlah kuota penerima Bansos di Sinjai, yang dilaksanakan oleh Kemensos RI diantaranya Bantuan Agenda Sembako sebanyak 6. 754 Rumpun Penerima Manfaat (KPM), PKH sebanyak 10. 201 KPM, dan BST sebanyak 5. 519 KPM. Secara umum kriteria para penerima Bansos adalah masyarakat tidak mampu, & terdampak Covid-19 seperti pedagang, buruh, dan lainnya.

“Jadi semua yang menyangkut masalah Bansos dari Kemensos RI ini, penyalurannya dilaksanakan di bulan Januari, tercatat untuk BST penyalurannya sementara berlaku melalui Kantor Pos Sinjai, ” jelasnya.
Mantan Sekretaris Biro Perhubungan ini kemudian berharap, Bansos yang diberikan pemerintah betul-betul digunakan dan digunakan masyarakat sebaik jadi untuk bisa menopang dan menumbuhkan tingkat pendapatan serta ekonomi dengan keseluruhan.

“Semoga sandaran yang diberikan, permasalah-permasalahan ekonomi yang dihadapi masyarakat disaat pandemi Covid-19 ini bisa teratasi, ” harapnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah melaunching tiga program Bansos Covid-19. Program itu terdiri dari  Kartu Sembako, Tumpuan Sosial Tunai (BST), dan Program Keluarga Harapan (PKH).