Jakarta, Akuratnews. com – Pranata Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri lekas memeriksa kuasa hukum buron Djoko Tjandra, Anita Kolopaking. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Irjen Argo Yuwono menyatakan, pemeriksaan Anita Kolopaking terkait dengan pembuatan surat jalan Djoko Tjandra oleh Brigjen Prasetijo Utomo.

Anita Kolopaking akan diperiksa sebagai bukti dalam proses pidana Prasetijo. “Ya itu tentunya penyidik punya rencana penyidikan, ” ujar Argo dalam konferensi pers secara daring, Selasa (21/7/2020).

Menurut Argo, pihaknya belum dapat memastikan kapan Anita Kolopaking diperiksa. Namun, keterangan Anita Kolopaking dibutuhkan penyidik bertugas membuktikan tindak pidana Prasetijo. “Saya belum mendapatkan informasi jadwal, ” ucap Argo.

Sama dengan diberitakan sebelumnya, Brigjen Prasetijo Utomo resmi dicopot dari jabatan Besar Biro Koordinasi dan Pengawasan (Karo Korwas) Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau PPNS Bareskrim Polri sesudah terbukti membuat surat jalan tiruan untuk Djoko Tjandra. Ia pula terancam pidana atas perbuatannya.

Djoko merupakan terdakwa peristiwa pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali senilai Rp904 miliar dengan ditangani Kejaksaan Agung. Pada 29 September 1999 hingga Agustus 2000, Kejaksaan pernah menahan Djoko. Namun hakim Pengadilan Negeri Jakarta Daksina memutuskan ia bebas dari tuntutan karena perbuatan itu bukan kegiatan pidana melainkan perdata.

Belakangan, Djoko yang sudah bukan warga negara Indonesia itu khali keluar-masuk ke Indonesia. Ia muncul ke Jakarta untuk mengurus KTP elektronik dan mendaftarkan peninjauan balik kasus yang menjerat dirinya. Dia bisa bebas berkeliaran lantaran difasilitasi oleh pejabat Polri, salah satunya Prasetijo Utomo.