AKURATNEWS – Final ideal bakal tercipta saat Tim Tango Argentina maju ke final Copa America 2021 usai lulus 3-1 atas Kolombia melalui babak adu penalti di babak semifinal.

Ya.. Messi cs hendak bertemu skuad Neymar cs di final Copa America 2021. Neymar cs  sebelumnya menaklukkan Peru 1-0.

Argentina dan Kolombia terpaksa menjalani adu penalti setelah imbang 1-1 semasa waktu normal di langgar yang digelar di Estadio Nacional Mane Garrincha, Brasilia, Rabu (7/7) pagi WIB.

Menghadapi Kolombia, pertandingan baru berjalan enam menit, Argentina sudah tepat memimpin. Adalah Lautaro Martinez yang mencetak gol. Berasal dari serangan yang dibangun Lionel Messi, Martinez tepat meneruskan bola dengan sepak terjang kerasnya.

Walaupun sudah unggul, Argentina langsung memberikan tekanan. Mereka terus membangun serangan, namun belum bisa memaksimalkan beberapa jalan yang didapat.

Kolombia kemudian berusaha untuk bangkit. Mereka kemudian mendapat peluang pada menit ke-28, melalui tendangan Juan Cuadrado. Sayang, tembakannya masih menghantam mistar gawang.

Pasukan asuhan Reinaldo Rueda itu terus memberikan kesulitan untuk Argentina. Yerry Mina kemudian nyaris menyamakan domisili pada menit ke-37. Namun, sekali lagi upayanya masih belum menemui sasaran.

Argentina lalu hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-43. Berawal dari menyepak pojok Messi, Nicolas Gonzalez menanduk bola. Namun, bola bisa ditepis kiper Kolombia, David Ospina. Skor bertahan hingga babak pertama sudah.

Begitu tengah kedua dimulai, Ruenda langsung mengubah skuadnya. Dia memasukkan tiga pemain langsung yang berkarakteristik menyerang, demi menyelaraskan kedudukan.

Kejadian itu membuat Kolombia sanggup memberikan ancaman ke lini pertahanan Argentina. Namun, mereka belum bisa menyelesaikan peluang yang didapat dengan ideal.

Akhirnya Kolombia sukses menyamakan kedudukan di menit ke-61. Luis Diaz yang terus dibayangi bek lawan, terus berlari dan melepas tembakan dari ujung sulit. Namun, hal itu tak menghentikannya mencetak lulus.

Kejadian tersebut membuat Argentina berusaha untuk kembali menyerang. Mereka hampir kembali memimpin pada menit ke-72. Namun, tembakan Lautaro Martinez bisa ditepis Ospina. Angel di Maria tahu menendang bola muntah, namun malah melambung.

Skuad Argentina lalu kembali memberikan tekanan. Pada menit ke-80, Messi mengancam & melepas tendangan. Meski begitu, tembakannya menghantam tiang gawang. Skor bertahan hingga 90 menit berakhir.

Adu penalti diawali  Juan Cuadrado yang menjadi penendang pertama untuk Kolombia. Dia lalu berhasil melaksanakan tugasnya. Lionel Messi yang menjelma penendang pertama Argentina serupa sukses membuat gol.

Penendang kedua Kolombia, Davinson Sanchez kemudian batal mencetak gol. Tendangannya terbaca oleh kiper Argentina, Emiliano Martinez. Namun, eksekutor ke-2 Argentina, Rodrigo De Paul malah gagal juga, sudah tendangannya melambung.

Yerry Mina menjadi penendang ketiga Kolombia. Namun, Emiliano Martinez kembali sukses menepis bola. Situasi pun digunakan oleh Leandro Paredes yang sukses melaksanakan tugasnya.

Meski begitu, Kolombia kembali membuat kedudukan sesuai kuat berkat Miguel Borja. Namun, Argentina kembali di depan, berkat eksekusi Lautaro Martinez yang berhasil menyerbu gawang lawan.   Emiliano Martinez kemudian juga jadi menepis tembakan eksekutor kelima Kolombia, Edwin Cardona.

Argentina pun sukses melaju ke babak final Copa America 2021 bersemuka skuad Neymar cs.