Bandung, Akuratnews. com awut-awutan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menyatakan ada 3. 683 kendaraan yang dihalau masuk ke Jabar, setelah adanya larangan mudik dari pemerintah.

Kabidhumas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga mengatakan data tersebut dihimpun semenjak 24 April hingga 26 April 2020.

“Keseluruhan tersedia 3. 683 kendaraan yang dikerjakan penghalauan, ” kata Erlangga, di Bandung, Senin (27/4/2020).

Ribuan kendaraan tersebut dipastikan tidak bisa masuk ke Jabar. Dari total tersebut, sepeda motor yang paling banyak dibandingkan jenis instrumen lainnya.

“Kendaraan roda dua ada 2. 704 kendaraan, roda empat 832 kendaraan, & bus 47 kendaraan, ” katanya.

Saat ini, pihak kepolisian tengah melakukan penjagaan di setiap pintu masuk daerah Menjelajahkan untuk melakukan penghalauan. Pintu mendalam itu di antaranya sejumlah ulama tol maupun jalan raya dalam batas-batas kota.

Dari setiap pintu masuk ke daerah Jabar, menurutnya kendaraan paling penuh datang dari arah Jakarta.

Erlangga memastikan, pihak kepolisian bersifat persuasif saat melakukan penghalauan kendaraan. Kendaraan yang dihalau tersebut kemudian diminta untuk memutar pulih ke arah asalnya.

Sebelumnya, Polda Jabar tengah melakukan Operasi Ketupat Lodaya 2020 di situasi bulan Ramadhan. Salah kepala kegiatannya yakni mensosialisasikan larangan mudik kepada pengendara yang ada pada jalan raya sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona baru atau COVID-19.