AKURATNEWS – Karang Taruna Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan sukses menggelar acara peringatan Hari Kopi Internasional dan Ramah Tamah HUT ke-61 Karang Taruna tahun 2021 di Kebun T’Sang Tanassang, Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu (2/10/2021) malam.

Kemeriahan acara yang mengangkat tema ‘secangkir Kopi untuk Indahnya Kebersamaan’ ini, diisi dengan Opening Ceremony, Lomba Minum Kopi, Literasi Kopi, Digitalisasi Kopi, dan Pembinaan UKM.

Mengawali sambutannya, Ketua Karang Taruna Sinjai Andi Adry Ismawan Putra menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah mendukung sehingga acara bisa sukses terlaksana.

“Terima kasih dukungannya Ibu Asisten III Setdakab Sinjai Haerani Dahlan atas fasilitas tempat, mitra kami AMPI, Air Purairo, Seduhasta, Toko Ternate, dan Bank Sulselbar Sinjai. Kita berharap jalinan silaturahmi makin kuat, dan karang taruna dapat mengambil peran dalam membantu Pemkab Sinjai memberdayakan pelaku usaha,” ucapnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai, Andi Ilham Abubakar menyampaikan apresiasi atas keterlibatan banyak pihak dalam memajukan UMKM di Kabupaten Sinjai.

“Dengan sumbangsih dan kolaborasi kita semua, para pelaku usaha atau petani kopi dan pemilik warkop bisa semakin bertumbuh yang pada akhirnya akan turut menyumbang dalam akselerasi peningkatan ekonomi daerah,” ungkapnya dalam sharing session Digitalisasi Kopi dan Pembinaan UKM.

Dalam kesempatan ini, Andi Ilham Abubakar yang juga selaku Asisten II Setdakab Sinjai berharap dan mendorong karang taruna untuk melahirkan wirausaha baru di Kabupaten Sinjai.

“Dengan melihat potensi sumber daya alam di desa-desa, diharap karang taruna hingga ditingkat desa bisa memanfaatkan dalam melahirkan wirausaha baru,” pesannya.

Selain Andi Ilham Abubakar, dalam sharing session ini turut dihadiri Asisten III Setdakab Haerani Dahlan, Kepala Bapenda Asdar Darmawan, Ketua MPKT Karang Taruna Ilhamuddin beserta anggotanya Amrullah Hamid dan Abd Hakim, serta Owner Seduh Hasta Andi Ichwan sebagai narasumber.

Pemotongan kue HUT ke-61 Karang Taruna 2021 oleh Ketua Karang Taruna Sinjai Andi Adry Ismawan Putra. Ketua MPKT Karang Sinjai Ilhamuddin menyerahkan potongan kue ke Asisten II Setdakab Sinjai Andi Ilham Abubakar. /Ashari/AKURATNEWS.

Sedangkan dalam Lomba Minum Kopi pada kegiatan ini, dua perwakilan pengurus Karang Taruna Sinjai terpaksa harus mengakui keunggulan perwakilan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Sinjai.

Pada kategori kopi hitam tanpa gula diraih Sumardi Mawardi dari AMPI mengalahkan Kamrayani dari karang taruna. Sementara di kategori kopi susu, jagoan karang taruna, Wawan Irmansyah harus mengakui keunggulan Andi Satria Massaniga dari AMPI.