Sidoarjo, Akuratnews. com – Dalam rencana menyambut tahun ajaran baru 2020/2021 di tengah pandemi Corona, Jambar Pesantren Tahfidz Qur’an Darul Fikri Sidoarjo menyelenggarakan orientasi wali santri baru secara online .

Orientasi walisantri baru yang digelar via penerapan teleconference Zoom itu tidak hanya dihadiri oleh para pengurus, pendidik, serta walisantri baru SMPIT dan MAIT Darul Fikri, tapi juga dihadiri oleh Syech Ali Jaber, Al Hafidz, ulama asal Madinah yang saat ini aktif menjadi pengisi acara Indonesia Mengaji TV One dan Juri hafidz Indonesia RCTI.

Acara yang berlangsung pada Ahad (17/7/2020) mulai pukul 07. 30 hingga pukul 11. 00 WIB tersebut bertujuan untuk mengeratkan kerjasama antara pesantren dan orangtua agar bersinergi untuk mencapai visi bersama, yaitu menyiapkan para santri menjadi ulama dan pemimpin dengan berkarakter, berprestasi, moderat, nasionalis dan hafal Al-Qur’an di era global dan digital.

“Ada empat pilar utama yang menetapkan suksesnya pendidikan, yaitu keluarga, peserta didik sendiri, lembaga pendidikan, dan masyarakat”, tutur Dr. Shobikhul Qisom, M. Pd., Ketua Pengurus YPP Darul Fikri Sidoarjo.

“Oleh karena itu, kesamaan visi dan kerjasama yang baik antara pesantren dengan para walisantri betul berperan penting dalam kesuksesan para-para santri dalam menuntut ilmu. Itulah yang melatarbelakangi terselenggaranya acara ini”, tambanya.

Orientasi walisantri baru ini juga merupakan jadwal pembuka dari serangkaian kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan MATSAMA (Masa Ta’aruf Santri Madrasah) santri baru SMPIT dan MAIT Darul Fikri yang juga akan diselenggarakan secara daring mulai Senin (13/7/2020) hingga Kamis (16/7/2020). Di acara ini, walisantri dikenalkan pada kurikulum pembelajaran sekolah dan pondok, para pendidik, kegiatan santri semasa setahun di pesantren, hingga penjelasan mengenai pembelajaran online yang akan dilaksanakan untuk sementara selama pandemi Corona belum berakhir.

Selain itu, para walisantri baru selalu mendapatkan motivasi dan tips melanda rahasia sukses mendidik generasi Qur’ani dari Syech Ali Jaber. Beliau menghamparkan mengenai pentingnya mempelajari, menghafalkan, & mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari – hari. Beliau juga berniat agar para walisantri sepenuhnya membantu putra – putrinya agar kelak mereka sukses menjadi para penghafal Al-Qur’an yang juga bisa berkontribusi untuk agama dan negera tercinta, Indonesia.

Walisantri lantaran Muhammad Al Fatih, santri mutakhir kelas 7B, menuturkan bahwa mereka mempercayakan Darul Fikri sebagai pesantren tempat putranya belajar agar kelak putranya menjadi anak yang berkepribadian baik, paham dan mengamalkan kitab suci alquran, serta memiliki jiwa kepemimpinan. Kemudian, bapak Sirazul Munir, walisantri Qonita Sholiha yang merupakan santriwati jenjang MA, menambahkan harapannya agar putrinya menjadi hafidzah yang sholihah, berwawasan luas, serta menguasai ilmu negeri dan akhirat.