Surabaya, Akuratnews. com – Sokongan terhadap pemerhati Satwa Singky Soewadji terkait Praperadilan melawan Polrestabes Surabaya, atas terbitnya SP3 pemindahan 420 satwa liar dilindungi dari KBS, terus datang.

Kali ini dukungan tersebut datang dari Kordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI), Boyamin Saiman.

“Mendukung penuh dan siap dengan gugatan yang kedua jika gugatan pertama belum dikabulkan hakim, ” kata Boyamin, lewat pesan apllikasi Whats app, Sabtu (14/11/20).

Lebih rinci ia jelaskan, nantinya jika Singky kalah di praperadilan. MAKI siap mengajukan praperadilan ke terhadap terbitnya SP3 yang dinilainya janggal tersebut.

Boyamin yakin jika nantinya Ketua akan mengabulkan praperadilan Singky Soewadji. “Kalau materi aku yakin dikabulkan karena SP3 yg diterbitkan adalah cacat sehingga harus batal, oleh karena itu mestinya Hakim akan mengabulkan gugatan tersebut, ” Boyamin.

Saat ditanya apa yang kudu dilakukan oleh Polrestabes Surabaya, selaku tergugat, jika praperadilan tersebut dimenangkan oleh Singky Soewadji, Boyamin mengutarakan Polisi harus membuka kembali urusan Pemindahan 420 satwa liar dilindungi, dari Kebun Binatang Surabaya.

“Penyidik Polrestabes membatalkan SP3, menerbitkan Surat Perintah Penyidikan baru, penetapan Tersangka atas Terlapor & selanjutnya menyerahkan berkas perkara pada Jaksa Penuntut Umum di Kejari Surabaya untuk disidangkan di PN Surabaya, ” pungkas Boyamin.