AKURATNEWS – Tujuan menikah selain sebagai penyempurna iman, yaitu adalah untuk menghindari diri dari berjinah. Sudah menjadi hak suami dan istri untuk melakukan ibadah ritual bersama di dalam pernikahan.

Istri dilarang menolak ajakan suami untuk berhubungan intim di ranjang dengan alasan apa pun. Sayangnya, istri terkadang merasa malas, lelah, atau suasana hati sedang tidak mendukung.

Bila seorang istri melayani suaminya dengan bahagia, ikhlas, dan rela, serta bersungguh-sungguh sampai sang suami pas terhadapnya, maka surga menjadi hak bagi sang istri.

Baca Juga: Merasa Lelah? Yuk Simak Beberapa Penyebabnya

Seperti dalam hadits dari Ummu Salamah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja perempuan yang meninggal dunia sedang suaminya ridha terhadapnya maka pastilah ia masuk Surga.” (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi. Tirmidzi berkata hadits ini Hasan Gharib).

Menolak ajakan suami bercinta dapat membuat suami kecewa dan menimbulkan konflik rumah tangga bila tidak ada komunikasi yang baik.

Meski terkesan sepele, ternyata perkara ini menimbulkan dosa besar yang membuat shalat tidak bisa diterima.

Asy-Syaikhain meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Jika seorang suami mengajak istrinya ke atas ranjangnya, tetapi ia tidak mematuhinya, maka para Malaikat akan melaknatnya sampai pagi.”

Dalam hadis lain menjelaskan, Al-Imam ath-Thabrani meriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu berkata:

Selanjutnya 1 2