Jakarta, Akuratnews. com – Kabar bahagia akhirnya datang. Pemerintah memastikan bakal memberikan bantuan langsung tunai kepada karyawan akan segera direalisasikan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pemerintah mau memberikan bantuan langsung tunai (BLT) secara cuma-cuma sebesar Rp 500. 000 per bulan, kepada pekerja dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta sebulan.

Sayangnya, Sri Mulyani belum menganjurkan perincian kapan BLT bagi pegawai ini akan mulai diberikan. Begitupula berapa lama atau berapa bulan BLT bagi karyawan ini akan dikucurkan.

Menurutnya, insentif bagi pekerja ini merupakan tumpuan langsung tunai (BLT) yang hendak diberikan kepada sebanyak 13 juta karyawan dengan penghasilan di lembah Rp 5 juta per bulan.

Adapun total taksiran untuk BLT bagi pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta ini diperkirakan mencapai Rp 31 triliun.

Menkeu Sri Mulyani menegaskan tujuan pemerintah menggelontorkan Rp 500. 000 kepada pekerja bertujuan untuk mendorong konsumsi bangsa pada periode semester II-2020.

Kendati demikian, Sri Mulyani menegaskan rencana ini masih di dalam kajian internal pemerintah sehingga metode karyawan penerimannya belum bisa dipastikan.

“Bantuan gaji pada pekerja yang saat ini padahal dijajaki. Ini langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk terus membantu membersihkan daya beli masyarakat, ” sebutan Menkeu Sri Mulyani dalam Konvensi Pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Rabu (5/8/2020).

Selin itu, Sri Mulyani bakal menambah BLT lainnya baik bagi penerima program keluarga harapan (PKH) hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di lapisan usaha mikro dan ultra mikro. Adpaun mutlak anggarannya dari BLT tambahan menyentuh Rp 203 triliun.