Abdya, Akuratnews |   Personel TNI dari Koramil 06/Manggeng Kodim 0110/Abdya lulus menenangkan seorang pria A (38) Orang Dengan Gila (ODGJ) asal Desa Meurandeh Kecamatan Lembah Sabil, Selasa (29/6) petang.

A diamankan TNI lantaran kembali mengamuk dan menyerang warga di pasar Tempat Keude Kecamatan Manggeng.

“Hampir tiap keadaan warga melapor ke kita karena takut dan gugup. Ia sering melempari karakter dengan batu. Tak hanya mengincar orang, ia biar acap melempari kaca mobil sampai pecah, ” sah Plh. Danramil 06/Manggeng Serma Dedek Suryanto saat dikonfirmasi via seluler.

Lanjutnya Dedek mengatakan, yang bersangkutan dalam saban keadaan berkeliaran di pusat pasar Kecamatan Manggeng, tidak jauh dari Mapos Ramilnya.

A sendiri pernah berapa kali bolak-balik melakukan perawatan di rumah sakit jiwa. Terakhir ia balik dari RSJ Banda Aceh sekitar Februari lalu.

“Ya begitu, sehat sebentar, kambuh lagi. Tidak asing semua petugas di sini sering direpotkan olehnya. Namun demikian, dalam menangani A ini tetap kita utamakan humanisme, ” katanya.

Dedek menandaskan, setelah dibujuk dengan makanan serta minuman, ODGJ tersebut keputusannya bisa ditenangkan dan kemudian diserahkan kembali ke bagian keluarganya di kawasan Tempat Meurandeh, Lembah Sabil. Tidak lupa petugas juga menodong keluarga ODGJ agar menggembala dan merawatnya dengan penuh perhatian demi kesembuhan ODGJ itu sendiri.