Ponorogo, Akuratnews. com – Tepuk sorak para pendukung Sugiri Sancoko, Cabup penantang petahana, terus mengembang tatkala hingga lepas Maghrib hasil suaranya kian meninggi meninggalkan lawannya.

Terkonfirmasi, pendatang baru di Pilbup Ponorogo, Jawa Timur, diprediksi sanggup mengembat hati publik dan menyingkirkan petahana dalam pelaksanaan Pilkada serentak, Rabu (9/12).

Itu terlihat pada perolehan suara yang dipapar quick count, tercantum pasangan penantang dengan nomor urut 01, Sugiri Sancoko dan Lisdyarita, pada terlepas Maghrib memperoleh sedikitnya 70 obat jerih suara.

Sementara prosentase sisanya dikantongi sang petahana bernomor urut 02, yang diduduki Ipong Muchlison dan Bambang Tri Wahono.

Sejumlah jurnalis yang membaur dengan ratusan relawan pendukung hingga petang berjubel memenuhi kediaman pemenang sementara, Sugiri Sancoko, pada bilangan Desa Gelang Kulon, Kecamatan Sampung.

“Rasanya tidak sia perjuangan kami untuk memimpin Pak Sancoko, Mas. Saya yakin jika beliau memimpin, Ponorogo bakal kian berkilau, ” ucap Haryono, relawan, setengah berteriak.

Perolehan suara Sancoko yang nyaris telak itu sekaligus membuka serampangan partainya sendiri, Partai Demokrat, yang lebih memilih mengulurkan rekomendasinya pada petahana, yang ternyata diprediksi keok.

“Jadi, kemenangan tersebut adalah kemenangan rakyat jelata. Pilihan rakyat tak bisa dibohongi meskipun miskin partai pendukung, ” sahih Sancoko kepada jurnalis di kediamannya, Rabu malam (9/ 12).

Menyangkut histeria para pendukungnya yang tak sabar ingin segera bereforia, Sancoko berpesan agar pasti menjaga sopan santun dan tak melanggar aturan main apa pula.

“Bersenang senang karena menang itu wajar. Tidak barang apa. Tapi ingat kita ini anak buah miskin. Rakyat miskin itu sempurna dengan tata krama ya. Jadi jangan kelewat batas, ” perintah Sancoko kepada para pendukungnya.

Meski KPUD setempat belum mengumumkan pemenang Pilbup, namun tidak terpungkiri angka quick count yang memenangkan Sancoko telah terpantau puluhan ribu warga Ponorogo.

Kemenangan Sancoko membuktikan bahwa pemilihan itu mutlak hak rakyat. 4 Parpol pendukung Sancoko, PDIP, PAN, PPP dan Hanura, sanggup mengakhiri ambisi enam Parpol pengusung Ipong Muchlisoni, Nasdem, PKB, Golkar, Gerindra, PKS dan Partai Demokrat.