Sidoarjo, Akuratnews. com – Para penyalur yang tergabung dalam ‘Paguyuban PK-5 exit tol Jabon, Sidoarjo’ menginisiasi gerakan penghijauan berupa penanaman ribuan pohon di sepanjang jalan menuju kawasan industri dan wisata Telocor. Gerakan ini bertujuan untuk menciptakan Jabon yang rindang, nyaman, dingin dan indah.

Sebagai permulaan gerakan itu, ditandai dengan penanaman pertama pohon Trembesi sebab Pj. Bupati Sidoarjo, Hudiyono pada permintaan masyarakat setempat, berlokasi pada sekitar bahu jalan exit tol Jabon, Minggu 14 Februari 2021.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Hudiyono sangat mengapresiasi aliran penanaman ribuan pohon yang diinisiasi ‘Paguyuban PK-5 exit tol Jabon’ tersebut.

“Kita support masyarakat Sidoarjo yang peduli lingkungannya. Meski, di tengah pandemi Covid-19 ini, ternyata mereka tak ingat lelah melestarikan penghijauan. Gerakan itu patut dijadikan contoh bagi klub Sidoarjo lainnya, ” tuturnya.

Selain itu, Pj. Bupati Hudiyono pun menyambut positif perilaku pihak pengembang yang menyerahkan fasum di kawasan perumahan diperuntukkan penghijauan.

“Kita selalu bawa langkah para pengembang yang telah menyerahkan fasumnya untuk penghijauan, ” ujarnya.

Menurut pemimpin panitia kegiatan, Supari, ada kira-kira 1250 pohon yang bakal ditanam. Ribuan pohon ini berasal sejak swadaya Paguyuban PK-5 exit pungutan Jabon, sumbangan PT DJH dan Perhutani.

“Saat ini masih tersedia 250 pohon, yakni 50 pohon swadaya PK-5 exit tol Jabon dan 200 pohon sumbangan PT DJH. Nanti, ada tambahan seribu pohon bantuan Perhutani. Insha Allah, ribuan pohon tersebut bisa sampai mendekati Telocor, ” jelasnya.