Bandung, Akuratnews. com – Kaderisasi dan pembekalan untuk sebuah partai politik merupakan ritual penting yang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, pada proses ini terdapat formula penting yang disiapkan bagi setiap anggota untuk sanggup yakin berdiri di garis terdepan.

Kaderisasi adalah masa dimana organisasi mempersiapkan calon-calon (embrio) yang nantinya akan meneruskan tongkat estafet perjuangan.

Karena pentingnya proses tersebut, Fraksi Kelompok Kebangkitan Bangsa (F PKB) pada DPR RI bekerja sama dengan Akuratnews. com dan Arahkata. com untuk mengadakan pelatihan jurnalistik selama dua hari, yakni 18 dan 19 Februari 2021.

Pelatihan jurnalistik diadakan di besar Dewan Pengurus Cabang (DPC), yakni DPC Bandung dan Bandung Barat.

Target utama untuk diberikan pelatihan jurnalistik ini merupakan anggota di DPC yang berusia 18 sampai 28 tahun ataupun kalangan milenial.

Ahmad Ahyar, Pemimpin Umum Akuratnews. com yang berkesempatan hadir memberikan wujud pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan itu sangatlah baik bagi sebuah kelompok untuk dijadikan agenda kaderisasi.

“Dengan begitu, para anggota atau calon-calon kader ini hendak banyak mendapat pengetahuan untuk memperkaya wawasan mereka. Selain itu penting juga bagi mereka mengetahui tentang prisnip-prinsip dasar jurnalistik sebagai sebuah bekal awal bagi mereka dengan ingin meniti karier di indutri media, ” ungkapnya usai pelatihan, Jumat 19 Februari 2021.

Sementara, Asep Dedi, Kepala DPC PKB Bandung Barat mengatakan, dipilihnya pelatihan jurnalistik menjadi kesibukan utama ini diharapkan dapat membuat pola pikir para peserta menjadi lebih aktif, dan juga mampu memahami tentang sebuah informasi.

“Di tengah derasnya aliran informasi dan digitalisasi saat itu, banyak beredar informasi hoaks, untuk itu saya berharap kaum milenial paham terhadap alur informasi dalam jalur jurnalistik agar mereka simpulan dan dapat memilah informasi dengan benar” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Fuad, jadi Perwakilan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB mengatakan, kegiatan ini adalah gagasan murni dari Fraksi PKB di DPP karena pihaknya sadar betul bahwa anak-anak muda Nusantara saat ini sangat kreatif.

“Ini merupakan gagasan lantaran fraksi PKB di DPP buat membuat pelatihan di DPC pada setiap kabupaten/kota. Kegiatan ini juga dalam rangka mendorong kreativitas generasi milenial agar lebih menyiapkan diri menjelma jurnalis yang handal, ” tuturnya.

Antusiasme peserta pas terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar untuk mengikuti pelatihan. Hanya saya, penyelenggara harus mematuhi aturan kesehatan selama pandemi Covid-19 itu hingga membatasi 35 peserta untuk DPC PKB kabupaten Bandung, & 60 peserta di Kabupaten Bandung Barat.