Jakarta, Akuratnews. com – Dewan Masjid Nusantara (DMI) Kota Administrasi Jakarta Selatan menyelenggarakan Musyawarah Wilayah ke VII. Kegiatan tersebut digelar di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Jakarta Selatan, Senin (15/3/2021).

Kegiatan musyawarah yang mengetengahkan tema “Meningkatkan Peran DMI Dalam Perjuangan Pemberdayaan Langgar, Guna Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19” ini dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Adji.

Dalam sambutannya, Isnawa mengatakan, bahwa berbarengan berkembangnya zaman, fungsi langgar saat ini tidak sedang hanya sekedar tempat buat beribadah semata, namun juga bermanfaat bagi masyarakat pada berbagai kegiatan.

Misalnya sebagai sarana perhimpunan, sebagai salah satu sarana untuk penampungan korban kematian alam, bahkan ekonomi. “Intinya masjid dapat menjadi penyelesaian masyarakat, ” ungkapnya.

Untuk itu, Plt. Walikota Jakarta Selatan berniat, dengan musyawarah Dewan Masjid Islam Kota Jakarta Selatan ini, kedepan DMI Jakarta Selatan bisa menjadi lebih baik lagi. “Semoga penetapan Pengurus DMI Jaksel berikutnya lebih baik lagi, ” harapnya.

Tatkala itu, Ketua DMI DKI Jakarta, KH. Makmun Al Ayyubi dalam sambutannya menodong agar Musda ini dijadikan sebagai ajang penguatan ukhuwah keumatan, menjaga persatuan antar umat dan mitra-mitra masjid.

“Masjid kedepan harus dijadikan sebagai ajang penguatan ukhuwah kita di dalam rangka keumatan, menjaga uni antar umat dan mitra-mitra masjid, termasuk komponen kelompok lain berupa organisasi masyarakat yang ada, kita bergandengan, bersatu membangun Kota Jakarta, ” ujarnya.

Untuk diketahui, Kegiatan Musyawarah Daerah VII DMI Jakarta Selatan ini merupakan sebuah kegiatan rutinitas yang dilaksanakan setiap akhir masa lembaga kepengurusan periode sebelumnya.

Pada kegiatan itu, selain penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus yang masa baktinya selesai, juga dilaksanakan pemilihan pengurus DMI Kota Tata laksana Jakarta Selatan yang perdana untuk periode lima tarikh kedepan, yakni periode 2021-2026.

Adapun di pemilihan pengurus DMI Tanah air Jakarta Selatan kali itu, Drs. H. Eddy KS dipercaya menjadi pimpinan DMI Jakarta Selatan periode kemudian, yakni periode 2021 – 2026.

Di sambutannya, Eddy KS memberikan, bahwa perlunya merumuskan kesibukan kemasjidan yang efektif, sepadan dan modern. Pasalnya, Langgar harus menjadi solusi bagi keumatan yang memberikan konsekuensi positif untuk sekitarnya, khususnya dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

“Kerjasama antar lembaga juga menjadi bagian dalam khidmat di umat. Bismillah, DMI Jaksel akan selalu bersama pengikut, membangun Jakarta yang sejahtera, ” tuturnya. Namun Eddy juga menegaskan dihadapan para Ketua Cabang DMI bahwa jangan sampai lupa tantangan internal organisasi yaitu kaderisasi, karena itu akan me pemimpin baru kedepan.

Hadir dalam Musdah VII DMI tersebut Plt. Walikota Jakarta Selatan Isnawa Adji, Ketua Dewan Masjid Indonesia DKI Jakarta, KH. Makmun Al Ayyubi, Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Jakarta Selatan, Drs. Taufik Hidayat, MA, Ketua MUI Jakarta Selatan, KH. Nawawi Hakam LC, Ketua Mahkamah Pimpinan Cabang setiap Kecamatan se Jakarta Selatan, dan Unsur DMI DKI Jakarta. ***