Sidoarjo, Akuratnews. com – Tahapan pelaksanaan pilkada Sidoarjo telah memasuki penetapan paslonkada sebab KPU, Rabu (23/9/2020) ini. Selang sehari, dilanjutkan pengundian nomor runtut, Kamis (24/9/2020) besok. Namun, kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di dalam penetapan, tanpa dihadiri paslonkada. KPU Sidoarjo akan mengundang paslonkada zaman pengundian nomor urut.

Termasuk, paslonkada yang diusung PDI-P dan PAN, serta enam parpol nonparlemen (Hanura, Perindo, PBB, PKPI, Berkarya dan Gelora Indonesia), H. Kelana Aprilianto (Mas Kelana) serta Dwi Astutik (Bunda Astutik) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo 2021-2024 akan mengikuti agenda prosesi pengundian nomor urut peserta pilkada yang diselenggarakan KPU Sidoarjo itu.

Sebagaimana dikemukakan Mas Kelana, dia tidak mematok harus mendapatkan nomor urut berapa. Terpenting, masa kampanye (26/9 porakporanda 5/12/2020) hingga pemungutan suara (9/12/2020) terselenggara dengan baik, lancar dan kondusif, tanpa diwarnai kericuhan & kecurangan, serta mematuhi aturan kesehatan.

“Ya, kita tak terlalu menyoal nomor urut, berapapun nomor yang kita dapatkan, disyukuri, semoga jadi berkah & membawa keberuntungan (memenangkan pilkada). Paling penting, suasana masa kampanye datang hari H pencoblosan terlihat kondusif, tanpa ricuh, apalagi curang. Tidak kalah pentingnya pula, di pusat pandemi Covid-19, aturan protokol kesehatan wajib dijalankan, ” ucapnya.

Nah, kenapa Mas Kelana tak terlalu mempersoalkan nomor runtut peserta pilkada? Akuratnews. com membeberkannya dalam tulisan seri ke-98 tersebut.

Mas Kelana menyuarakan, ibarat kata pepatah “manusia berencana, Tuhan yang menentukan”. Sebagai pribadi, dia hanya sebatas merencanakan, tetapi penentu apapun rencana manusia tersebut ada di tangan Tuhan.

“Begitu halnya, soal nomor urut. Semisal, kita menghendaki cetakan urut sekian, ternyata yang diperoleh tidak sesuai keinginan, tentu kita kecewa, sehingga tak jadi kebahagiaan. Karenanya, nomor berapapun terserah, kita terima. Ini pemberian Tuhan, patut disyukuri, agar bawa berkah atau hoki, ” ujarnya tersenyum.

Kemudian, Mas Kelana pula menjelaskan, masa kampanye, paslonkada berakronim ‘Sidoarjo Berkelas’ ini akan memaksimalkan pertemuan tatap muka dan virtual, serta memanfaatkan sarana media, bagus melalui papan reklame, media baik (medsos), maupun media cetak, elektronik dan online.

“Ya, nanti masa kampanye, selain kita gelar acara tatap muka & virtual secara optimal. Juga, kita gunakan berbagai media, yakni papan reklame, medsos, media cetak, elektronik dan online, ” terangnya. (Bersambung)