Sidoarjo, Akuratnews. com – Sepuluh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada lingkungan Pemkab Sidoarjo sudah menerima reward berupa surat penghargaan atas capaian kadar tertinggi kinerja perangkatnya di 2020 lalu.

Kesepuluh OPD tersebut, yaitu RSUD, BKD, DPMPTSP, Dispendukcapil, Disperpustakar, Diskop/UMKM, BPKAD, Inspektorat, Dinas Perikanan dan Disnaker.

Sertifikat penghargaan diserahkan oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, didampingi Wabup Subandi, Sekda A. Zaini dan Asisten Adpem dan Kesra Setda, Moh. Ainur Rahman kepada sepuluh Kepala OPD itu dalam acara bertajuk “Ekspose Monev Perangkat Daerah 2020 pada Lingkungan Pemkab Sidoarjo”, berdiam di Fave Hotel, Sidoarjo, Selasa (16/3/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Muhdlor mengemukakan, tantangan pembangunan pada masa pandemi Covid-19 itu semakin berat, karena memukul berbagai sektor dan dasar perekonomian.

“Kondisi pandemi ini menuntut kegiatan keras bersama, serta silih berkolaborasi antar-instansi dan stakeholder. Saya minta semua bahu-membahu memulihkan perekonomian kita, ” ujarnya.

Dia pun berharap, seluruh OPD bersinergi dan tidak masing-masing menjalankan programnya. Bila menetapkan, bersinergi dengan OPD di Kabupaten/Kota lain, sebagaimana dilakukan pihaknya beberapa hari seusai pelantikan. Yakni, berkolaborasi dengan Walikota Surabaya dan Bupati Gresik dalam penanganan seluruh permasalahan antar-daerah.

“Dengan bersinergi, saya yakin pembangunan daerah berjalan bagus, ” ucapnya.

Kemudian, terkait penilaian kinerja perangkat daerah, Sekda Sidoarjo, A. Zaini menjelaskan, tersedia sejumlah indikator yang dimanfaatkan sebagai dasar untuk menentukannya.

“Indikator tersebut, diantaranya kinerja program, nilai Sakip, realisasi serapan taksiran dan indeks reformasi birokrasi, ” terangnya.